Wakil Bupati Sijunjung & Pejabat Terkait Menghadiri Panen Jagung Petani

banner 650x150

SUMBAR, CerminDemokrasi.com – Juma’at (15/10/21) Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt menghadiri panen jagung perdana di Muaro Bodi, Kecamatan IV Nagari.

Panen jagung yang diikuti oleh Wakil Bupati (Wabup) Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt itu bertempat di Kelompok Tani Manggis Dusun Tuo, Jorong Bungo Pinang, Nagari Muaro Bodi.

banner 650x150

Wabup Sijunjung yang hadir bersama Anggota DPRD Drs. H. E. Nangkodo Sutan Pamuncak, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagari (DPMN) Khamsiardi, S.STP, M.Si serta Kepala Dinas Pertanian Ir. Ronaldi disambut oleh Camat IV Nagari bersama Forkopimcam dan Wali Nagari Muaro Bodi bersama jajaran dan perangkat nagari.

Ketua Kelompok tani Manggis Dusun Tuo H. Aniswardi dalam pemaparannya di awal acara mengatakan,“ penanaman jagung yang disertai SL ini membandingkan 5 perlakuan, dimana pola tanam 2:1 dengan olah tanah berdasarkan ubinan menghasilkan produktivitas 9,6 ton/ha, sementara pola tanam 1 biji per lubang tanam tanpa olah tanah menghasilkan produktivitas 4,0 ton/ha,” demikian sambutan Ketua Kelompok Tani Manggis Dusun Tuo di awal acara.

PKTD jagung di Nagari Muaro Bodi memanfaatkan lahan seluas 6 ha yang diintegrasikan dengan kelapa sawit, melalui SL yang didampingi oleh PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) Pemiriza dan Ullia Rahmadhani dilakukan pendampingan teknologi mulai dari pra tanam sampai pasca panen jagung.

Acara yang diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ketua PHBI (Panitia Hari Besar Islam) sekaligus Ketua Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Muaro Bodi Saiyo, Buya Nasbir Pokieh Bagindo ditutup dengan makan siang bersama seluruh peserta panen perdana dengan menu gulai kambing”” (JP)

banner 650x150

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *