Ketua LKAAM Sijunjung : Selamat Hari Sumpah Pemuda Yang Ke-93

banner 650x150

(SUMBAR) CerminDemokrasi.com – Kamis (28/10/21), Ketua LKAAM Kabupaten Sijunjung H Epi Radisman Dt Paduko Alam SH, sampaikan tatanan Adat Minangkabau, sehubungan dengan peringatan hari sumpah pemuda yang ke-93.

Kata-kata yang di sampaikan ketua LKAAM Sijunjung dalam pesan tertulis itu merupakan ketentuan adat yang harus dipedomani oleh masyarakat Minangkabau dimanapun berada terutama bagi penghulu atau ninik namak pemangku adat dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai pemimpin dalam kehidupan bertatanan minangkabau, kata-kata adat tersebut terdiri atas empat macam yang disebut dengan ”KATO NAN AMPEK”

banner 650x150
  1. Kato Pusako: Kato pusako ini adalah didasarkan kepada ketentuan-ketentuan alam takambang dan tidak boleh dilanggar oleh karenanya dikatakan kato pusako-kato diwarisi. Seperti- pulai batingkek naiak, maninggakan rueh Jo buku, manusia batingkek turun, maninggakan Adat Jo Pusako, mati gajah maninggakan gadiang, mati harimau maninggakan balang, mamaek manuju barih, tantang Bana lubang ka tambuak, malantiang manuju tangkai, tantang Bana buah ka- rareh, manabang manuju pangka, tantang bana rueh ka rabah, tantang ukua makanan kabuang, tantang sakik lakek ubek, tantang aie lapeh tubo, tantang kapua-kapua lakek parmanto, sasuai mangko takanak, saukua mangko manjadi.
  2. Kato mufakat: kato mufakat adalah ketentuan Adat yang merupakan Hasil proses musyawarah mufakat yang harus ditepati dan dilaksanakan oleh mereka yang membuat kesepakatan, maka sifat dari kato mufakat disebut “KATO DITAPATI” Ketentuan dari Kato mufakat mengatakan, kato surang dibulati, kato basamo dipaiyokan, duduak surang ba sampik-sampik, duduak ba Samo ba lapang-lapang, ba iyo-iyo Jo adiak, ba tido-tido Jo kakak, bibulek-an aie ka pamuluah, dibulek-an kato ka mufakat, bulek baru digolekkan, pipih baru dilayangkan.
    Bulek indak basuduik, pipieh indak basandiang, data bak lantai papan, licin bak lantai Kulik, tapawik makanan lantak, takuruang makanan kunci, ramilah pasa batang hari, sabalik ba paga kawek, randah tak dapek dilangkahi, tinggi indak dapek dipanjek, dalam mencari kato mufakat menurut ketentuan adat minangkabau haruslah dilakukan dengan cara bermusyawarah mufakat yaitu mencari titik temu dari pendapat-pendapat yang berbeda, pincalang biduak rang tiku, badayuang sambia manungkuik, basilang kayu dalam tungku, baitu api mangko iduik.
  3. Kato Dahulu : Kato dahulu adalah perkataan yang telah diucapkan diikrarkan secara bersama-sama, dan wajib untuk ditepati dan dilaksanakan, kato dahulu sifatnya harus ditepati, suri tagantuang batanuni, luak, taganang nan basauak, kayu batakuak barabahkan, janji babuek batapati.
  4. Kato Kamudian: Kato kamudian maksudnya ada seketika dilaksanakan musyawarah untuk mengambil suatu keputusan, tetapi karena ada situasi dan kondisi tertentu, proses musyawarah tidak dapat dilanjutkan sehingga belum terjadi keputusan, namun disepakati akan dilaksanakan musyawarah kembali pada waktu lain, dan pada waktu musyawarah lanjutan tersebut muncul pemikiran baru yang lebih baik dari rencana semula, akhirnya pemikiran yang datang kemudian itu yang disepakati menjadi keputusan, justru Kato kemudian itu disebut KATO BACARI.

“Manusia basifat khilaf, tuhan basifat qadim, pikiran indak sakali tibo, pangana indak sakali datang, pipik indak sakali inggok, mako KATO KAMUDIAN disebut Kato Bacari,” ucap H Epi Radisman Dt Paduko Alam SH. (JP)

banner 650x150

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *