KTT ASEAN Summit 2023 Resmi Di Labuan Bajo

banner 650x150

TANGERANG, CerminDemokrasi.com – Dalam KTT ASEAN Summit 2022 yang berlangsung di Kamboja (13/11/22), Indonesia mendapatkan mandat untuk memegang Chairmanship ASEAN 2023.

Dengan menjadi Ketua ASEAN ini maka di tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah KTT Asean Summit 2023 pada bulan Mei mendatang.

banner 650x150

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun memutuskan bahwa KTT ASEAN Summit 2023 akan dilaksanakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Salah satu alasan Presiden Jokowi menunjuk Labuan Bajo sebagai tuan rumah KTT ASEAN Summit 2023 adalah untuk memulihkan industri Pariwisata di Indonesia Timur pasca diterpa pandemi Covid-19.

“Bapak Presiden sudah memutuskan Labuan Bajo untuk pelaksanaan KTT ASEAN Summit 2023,” kata Menteri BUMN, Erick Thohir di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Sabtu (14/1/2023).

Strategi ini pun sama seperti yang dilakukan pemerintah untuk pemulihan pariwisata di Bali. Menjadikan Bali sebagai lokasi utama kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Sehingga banyak wisatawan yang berdatangan.

“Seperti Bali, dalam kondisi sulit Bapak Presiden menghadiahkan KTT G20, jadi Bali tumbuh kembali. Nah Labuan Bajo juga, makanya didorong lagi KTT ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo,” kata Erick.

Erick menuturkan dengan dijadikan Labuan Bajo sebagai lokasi kegiatan KTT ASEAN Summit 2023, maka akan ada banyak persiapan perbaikan infrastruktur. Misalnya mempercantik bandar udara, pelabuhan sampai lokasi penginapan.

“Jangan sampai kita bangun tujuan wisata baru tapi “BBM” enggak ada,” kata dia.

“Kita dorong dermaga, hotel, tapi jangan BUMN terus, saya harapkan dari pihak swasta buat dorong investasi,” pungkasnya.

(RJT)

banner 650x150

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *